STIE Indragiri

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat berdiri pada tanggal 28 Juli 1999, terdaftar pada Direktotat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Nomor : 137/D/O/1999, nomor SK Ijin Penyelenggaraan 2099/D/T/2006, tanggal SK Ijin Penyelenggaraan 21 Juni 2006,memiliki 2 (dua) Program Studi yaitu : S1 Manajemen dan D III Akuntansi.

Sebagai Perintis pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, H. Yonathan Marbun, SE, diangkat pertama kalinya sebagai Pejabat sementera Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat sampai dengan terpilih dan dilantiknya ketua definitif Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat. H. Yonathan Marbun, SE, menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat dari awal berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat hingga tahun 2001.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat pertama terpilih adalah R. Marwan Indra Saputra, SE.Msi , Puket I : Irawati,SE, Puket II : Suharmiyati,SE, Puket III : Muzakir,SE dan Ketua Program Studi Indrayani,SE.

Pada tahun 2007 terjadi pergantian kepemimpinan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, R. Marwan Indra Saputra, SE. Msi digantikan oleh Indrayani, SE.MM setelah sebelumnya terjadi pemilihan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat dalam rapat Senat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat. Adapun yang menjabat sebagai :

Puket I : Irawati,SE.MM,

Puket II : Suharmiyati,SE.MM,

Puket III : Puspa Dewi,SE.MM

Ketua Program Studi : Ivalaina Astarina,SE.MM.

Dimasa kepemimpinan Indrayani,SE.MM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat terakreditasi oleh BAN – PT dengan nomor : 002/BAN-PT/Ak-Xii/IV/2009, dan membagi Program Studi Manajemen dalam beberapa konsentrasi Program Studi :

1.      Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia

2.      Konsentrasi Manajemen Keuangan

3.      Manajemen Kewirausahaan

4.      Manajemen Bank & Lembaga Keuangan Lainnya

5.      Manajemen Pembangunan Daerah.

Pada tahun 2012, kepemimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) mengalami pergantian, Ivailaina Astarina,SE.MM, dilantik menjadi Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indragiri periode 2012-2016. Yang menjabat sebagai :

Puket I : Puspa Dewi,SE.MM,

Puket II : Hj. Irawati,SE.MM,

Puket III : Angga Hapsila, SE.MM

Ketua Program Studi : Yenny Iskandar,SE.MKom,

Dimasa kepemimpinan Ivalaina Astarina,SE.MM akan disegerakan Re – Akraditasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) dan dilakukan pembenahan dan perbaikan disemua aspek Akademik dan non Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indragiri.

Pada awal agustus tahun 2012, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat membentuk Pusat Penjaminan Mutu, yang dikepalai oleh Syafrizal,SE,M.Si, dimana dalam lembaga ini difokuskan membenahi trisula Quality Improvement yaitu ; SPMI, SPME dan PDPT (Sekarang PD-Dikti). Setelah terbentuk pada Agustus 2012, Pusat Penjaminan Mutu menyegerakan penyusunan seluruh standar, manual prosedur, perbaikan rencana strategis dan operasional, peninjauan isi Statuta, peraturan akademik dan beberapa naskah akademik lainnya. Bersama Program studi manajemen, Pusat penjaminan Mutu membantu memberikan pelatihan dan draft pelaksanaan Gugus Kendali Mutu Program Studi Manajemen. Setelah terbentuk, program studi melalui gugus kendali mutu melaksanakan beberapa pelatihan peningkatan proses pembelajaran dilingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I), beberapa bentuk pelatihan yang diberikan diantaranya : sosialisasi penyusunan RPKPS dan RPP, penggunaan blog dosen dan lain- lain, hal ini dilakukan dengan harapan terjadi peningkatan dan perbaikan terhadap proses pembelajaran yang dapat menjamin mutu lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat.

Salah satu penunjang proses pembalajaran dalam sistem penjaminan mutu internal (SPMI) adalah keberadaan perpustakaan program studi. Untuk meningkatkan wawasan pengelola unit perpustakaan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat mengutus pengelola perpustakaan untuk melakukan studi banding dan penanda tanganan kerjasama antar lembaga ke lembaga benchmarking yaitu perpustakaan Universitas Riau, yang telah memiliki status akreditasi A di Sumatra.

Dalam pengayaan jumlah penelitian Dosen, LPPM juga telah menggelar beberapa kali workshop penelitian dan mengimplementasikan hasilnya ke penelitian Dosen dilingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat. Hasil penelitian Dosen tersebut dituangkan kedalam jurnal terbitan LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat yang telah mendapatkan ISSN dari LIPI dan nomor ISBN buku pada tiap terbitannya yang berjumlah 8 Volume jurnal yang bertajuk “Jurnal Bisnis dan Manajemen Indragiri STIE Indragiri”.

Untuk menopang sistem penjaminan mutu eksternal (SPME) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, melakukan banyak kerjasama terhadap berbagai lembaga baik dari dalam maupun luar negeri. Bentuk kerjasama yang dilakukanpun sangat strategis dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat. Beberapa lembaga dalam negeri yang telah menjalin kerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat diantaranya adalah : Palang Merah Indonesia (PMI), Bank Perkreditan Rakyat Indra Artha Rengat, Bank Syariah Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Universitas Riau, dan beberapa lembaga lainnya. Kerjasama pendidikan juga dilakukan dengan perguruan tinggi luar negeri, yaitu University Selangor Malaysia,  dan bentuk kerjasama ini telah diwujudkan dengan muhibah bersama diantara kedua perguruan tinggi.

Peningkatan kualitas sistem penjaminan mutu eksternal (SPME) juga diwujudkan dengan penyegeraan re-akreditasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat. Melalui kerja keras tim penyusun borang akreditasi, akhirnya pada September 2012, borang akreditasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat diajukan ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pada bulan September 2013, BAN-PT melakukan visitasi dengan mengutus 2 (dua) orang asesor ke Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat. Pada bulan Februari 2014, BAN-PT mengeluarkan hasil akreditasi  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat  dengan peningkatan nilai akreditasi yang signifikan dari akreditasi yang dilakukan sebelumnya, dengan nomor : 053/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2014, sekaligus telah menjawab percepatan re-akreditasi yang dicanangkan oleh Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, Ivalaina Astarina,SE,MM diawal masa kepemimpinannya.

Peningkatan luar biasa dalam bidang sistem informasi dirasakan oleh sivitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, melalui bagian pengembangan IT, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat telah membangun sistem informasi akademik (SIAKAD) berbasis web. Untuk menopang hal tersebut, ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, Ivalaina Astarina, SE,MM, mengambil sebuah kebijkan untuk membuat kampus menjadi lingkungan internet dengan membangun 4 (tiga) terminal hotspot dilingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, serta melengkapi beberapa ruangan dengan jaringan internet berkapasistas luas (wifi), seperti : ruangan dosen, LPPM, BAAK/BAU, dan  laboratorium Komputer dan pengembangan IT.

Sistem informasi akademik yang telah dibangun dirasakan oleh segenap sivitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat  sebagai suatu hal yang memberikan kemudahan dan percepatan dalam bidang pelayanan. Untuk mempermudah penyebaran informasi akademik dan non akademik, telah dibangun website resmi (http://www.stieindragiri.ac.id), yang didalamnya juga termasuk sub domain website bagi LPPM, E-Learning, Pusat Karir (http://carter.stieindragiri.ac.id). Dalam website yang berbentuk portal akademik SIAKAD ini, mahasiswa tidak lagi direpotkan dengan sistem manual pelayanan akademik yang kini telah berganti dengan sistem pelayanan berbasis web.  

Sistem registrasi sebagai salah satu pelayanan portal berbasis web pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat diantaranya adalah : registrasi KRS, registrasi KKN-PPM, registrasi Magang, dan nilai online. Untuk memberikan perubahan sistem pembelajaran berbasis web, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat juga telah mengembangkan e-learning sebagai perwujudan metode belajar blended learning yang diadopsi sebagai salah satu sistem pembelajaran di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat.

Dan akhirnya pada penghujung tahun 2015 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat melakukan re – akreditasi ke BAN – PT, hasilnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat terakreditasi B dengan surat keputusan BAN - PT Nomor : 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015 tanggal 29 Desember 2015.

Dengan status akreditasi yang disandang oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat tentunya seluruh prestasi yang telah diraih harus dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

Pada bulan April 2016, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat mengadakan pemilihan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat seiring dengan akan segera berakhirnya masa jabatan Ivalaina Astarina, SE,MM. Melalui panitia pemilihan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, terjaringlah 2 (dua) calon Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat masa jabatan 2016 – 2020 yaitu : Ivalaina Astarina, SE,MM dan Hj. Irawati, SE,MM. Dan akhirnya pada tanggal 23 April 2016, dalam rapat senat pemilihan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, Ivalaina Astarina, SE,MM kembali terpilih menjadi Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat masa jabatan 2016 – 2020. Dalam salah satu misi yang diusung oleh Ivalaina Astarina, SE,MM, beliau mengisyaratkan percepatan akreditasi Institusi paling lambat dilaksanakan pada awal tahun 2017. Untuk memperoleh hasil yang terbaik, Ivalaina Astarina, SE, MM telah menginstruksikan kepada segenap sivitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat untuk selalu berfokus dalam peningkatan semua aspek yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat terutama pemenuhan berbagai standar mutu pendidikan tinggi baik SNPT atau 7 standar penilaian BAN – PT dengan konsep utama Continuous Quality Improvement diseluruh aspek akademik dan non akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat.

 

You are here: Home TENTANG STIE-I Sejarah