STIE Indragiri

KETUA STIE INDRAGIRI MENJADI NARASUMBER KOORDINASI PENYUSUNAN DISAGREGASIMATRIKS PMTB

Ketua STIE Indragiri, Hj. Ivalaina Astarina, SE.MM pada hari rabu (25/4/2018) bertempat di aula kantor Bapeda Kabupaten Indragiri Hulu menjadi narasumber pada kegiatan Koordinasi Penyusunan Disagregasi Matriks PMTB yang ditaja oleh BPS Kabupaten Indragiri Hulu.

Pada kesempata tersebut, Hj. Ivalaina Astarina memaparkan materi tentang Peranan Investasi dalam Menunjang Akselerasi Pembangunan di Kabupaten Indragiri Hulu. Dengan masuknya Investasi diharapkan mampu menjadi sarana untuk mencapai visi Kabupaten Indragiri Hulu yakni mewujudkan Indragiri Hulu yang lebih Sejahtera 2021. Hj. Ivalaina Astarina juga memaparkan peranan Investasi serta langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menarik investasi ke Kabupaten Indragiri Hulu.

Sebelumnya ketua pelaksana yang sekaligus kepala BPS Kabupaten Indragiri Hulu menyampaikan, kegiatan yang dilakukan merupakan rangkaian kegiatan Survei Penyusunan Disagregasi PMTB. Survei disagregasi PMTB merupakan salah satu sumber data strategis untuk mengidentifikasi dan memetakan potensi investasi fisik yang kita miliki. Kegiata ini menjadi salah satu kegiatan prioritas pemerintah yaitu untuk perbaikan iklim investasi dan penciptaan lapangan kerja. Dengan kegiatan prioritas berupa percepatan fasilitasi penyelesaian masalah investasi. Pelaksanaannya survei disagregasi diharapkan akan menghasilkan data rinci investasi yang dapat digunakan pemerintah untuk merumuskan dan menyusun program kebijakan guna memacu pertumbuhan ekonomi, meningkatkan iklim investasi yang baik, sehingga mendukung penciptaan lapangan kerja.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu mengatakan pemerintahan Kabupaten Indragiri Hulu menyambut baik kegiatan ini dan semoga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan kepada responden agar dapat berinteraksi dengan baik juga dalam mengisi kuesioner dalam rangka memberikan informasi potensi-potensi yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu. (Angga)

STIE INDRAGIRI TAJA WORKSHOP PENELITIAN DAN PKM

Hj. IVALAINA ASTARINA, SE.MM (1/5/2018) MEMBUKA SECARA RESMI PELAKSANAAN KEGIATAN WORKSHOP PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT SERTA BEDAH BUKU PANDUAN PENELITIAN DAN PKM EDISI KE XII TAHUN 2018, YANG MERUPAKAN TINDAK LANJUT DARI KERJASAMA YANG TELAH DITANDATANGANI DAN DISEPAKATI ANTARA STIE INDRAGIRI BERSAMA STKIP PGRI SUMBAR.  

DALAM SAMBUTAN, KETUA STIE INDRAGIRI MENYATAKAN BAHWA MANAJEMEN BERKOMITMEN SANGAT TINGGI TERUTAMA BERKAITAN DENGAN RISET MAUPUN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, DAN WORKSHOP INI MERUPAKAN SALAH SATU CARA UNTUK MENINGKATKAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN YANG ADA DI STIE INDRAGIRI AGAR MAMPU BERSAING DENGAN PTS YANG LAIN UNTUK MEMPEROLEH DANA HIBAH BAIK DIBIDANG PENELITIAN MAUPUN PENGABDIAN. KEGIATAN WORKSHOP INI JUGA DIHARAPKAN DAPAT DIMANFAATKAN SECARA MAKSIMAL OLEH SELURUH DOSEN DENGAN KOMITMEN YANG TINGGI SEHINGGA KEDEPAN STIE INDRAGIRI MENJADI PERGURUAN TINGGI YANG MEMILIKI PENELITIAN DAN PENGABDIAN YANG SEMAKIN BAIK.

SEMENTARA ITU KOORDINATOR NARASUMBER Dr. Hj. ZUSMELIA, M.Si DALAM SAMBUTAN MENGATAKAN BAHWA DOSEN HARUS MELAKSANAKAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI. TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI ITU BAGIAN DARI HIDUP SEORANG DOSEN DAN MENJADI MASA DEPAN KAMPUS SEHINGGA BELIAU MENGAJAK UNTUK DAPAT MENJALANKANNYA. STIE INDRAGIRI JUGA DAPAT BERSAING UNTUK MELAKSANAKAN PENELITIAN DOSEN PEMULA (PDP) DAN PENELITIAN MULTI TAHUN ATAU PENELITIAN KERJASAMA ANTAR PERGURUAN TINGGI (PEKERTI).

PELAKSANAAN WORKSHOP DIMULAI DENGAN PEMAPARAN MATERI MENGENAI KIAT-KIAT PEMBUATAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, TEKNIS DAN PEMBAHASAN PROPOSAL PENELITIAN OLEH Dr. ANSOFINO, M.Si, DILANJUTKAN DENGAN MATERI SKIM PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SERTA TEKNIS DAN PEMBAHASAN PKM SESUAI PANDUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT EDISI XII OLEH Dr. ZUSMELIA, M.Si.

KEGIATAN WORKSHOP PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT SERTA BEDAH BUKU PANDUAN PENELITIAN DAN PKM EDISI KE XII TAHUN 2018 DIIKUTI DENGAN BAIK SERTA PENUH SEMANGAT OLEH PARA DOSEN STIE INDRAGIRI DAN KEGIATAN DIAKHIRI DENGAN PENYERAHAN KENANG-KENANGAN BERUPA PLAKAT DARI STIE INDRAGIRI YANG DIBERIKAN KEPADA STKIP PGRI SUMBAR. (Angga)

Seminar KKN-PPM STIE Indragiri Rengat Angkatan XI TA. 2017/2018


Hasil gambar untuk Seminar KKN EXPO STIE INDRAGIRI

Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Angkatan XI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat yang berlangsung selama 2 bulan mulai 12 Februari 2018 sampai 12 April 2018 di 28 Desa pada 6 Kecamatan se- kabupaten Indragiri Hulu telah selesai dilaksanakan, pada hari Senin (16/4/2018) seluruh kelompok KKN-PPM secara serentak melaksanakan seminar akhir kegiatan KKN-PPM di kampus STIE Indragiri Rengat.

Seminar diikuti oleh seluruh peserta KKN-PPM, dihadapan tim penguji seminar yang terdiri dari Dosen Penguji dan Dosen Pembimbing Lapangan, masing-masing kelompok KKN-PPM mempresentasikan kegiatan-kegiatan yang sudah mereka laksanakan di desa terutama bagaimana mereka menggali dan mengangkat Potensi-potensi desa yang ada di setiap desa tempatan KKN-PPM.

KKN-PPM STIE Indragiri Rengat Angkatan XI TA.2017/2018, mempunyai program  utama yang dilaksanakan dalam rangka mewujudkan dan mengembangkan misi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pengabdian masyarakat. Program tersebut adalah menggali dan mengangkat potensi desa tempatan KKN-PPM, Hasil penggalian potensi Desa yang bernilai ekonomi diharapkan dapat di tindak lanjuti oleh masyarakat desa sehingga mampu memberikan nilai tambah bagi perekonomian desa tempatan KKN-PPM.

TURNAMEN FUTSAL BANK RIAU KEPRI – STI INDRAGIRI RENGAT CUP II TAHUN 2018

Pada hari Jumat (23/03) diadakan pembukaan turnamen futsal Bank Riau Kepri – STIE Indragiri Rengat Cup II yang dilaksanakan dilapangan Tiki Taka Rengat. Turnamen ini merupakan rangkaian acara penerimaan mahasiswa baru STIE Indragiri Rengat TA. 2018/2019 serta HUT Bank Riau Kepri yang ke 56. Turnamen ini dibuka oleh Ketua STIE Indragiri Rengat Hj. Ivalaina Astarina, S.E, M.M beserta perwakilan dari Bank Riau Kepri dan Bapak Ibu Dosen Staff TU STIE Indragiri Rengat. Diikuti oleh 40 Tim yang berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu. Jadikan ajang ini sebagai ajang untuk melatih kemampuan dan sportifitas serta salurkan bakat secara positif dan besar harapan kami turnamen ini dapat menjadi wadah untuk menemukan pemain – pemain hebat yang berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu, Pesan Ketua STIE Indragiri Rengat Hj. Ivalaina Astarina didalam pembukaan Turnamen Futsal Bank Riau Kepri – STIE Indragiri Rengat. Pada partai semi final tim yang bertanding adalah STIE A melawan Provi Fc yang dimenangkan oleh STIE A sebagai juara III. Pertandingan yang tak kalah seru pada partai final yang mempertemukan Tiki – Taka FC melawan BPN FC. Permainan yang amat menarik diperlihatkan oleh kedua tim yang akhirnya dimenangkan oleh BPN FC. Penyerahan Tropi dan Sertifikat dilakukan oleh Ketua STIE Indragiri Rengat Hj. Ivalaina Astarina dan Pimpinan Bank Riau Kepri Rengat ??. Keberhasilan acara ini tak lepas dari kerja sama semua pihak, Bank Riau Kepri, seluruh civitas Akademika STIE Indragiri Rengat, serta seluruh panitia pelaksana Turnamen Futsal Bank Riau Kepri – STIE Indragiri Rengat, Ujar Puket III Bidang Kemahasiswaan Angga Hapsila, S.E, M.M. (*Airine)

 

Ketua beserta unsur pimpinan STIE Indragiri secara Simbolis memulai Survei Sosial Ekonomi di Desa Sungai Akar Kecamatan Batang Gansal

C:\Users\ASUS\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG_4996.jpgPelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, yang telah berlangsung tiga minggu di 28 Desa pada 6 Kecamatan sekabupaten Indragiri Hulu, pada hari senin (5/3/2018) secara serentak melaksanakan program survey sosial ekonomi dimasing-masing desa tempat KKN-PPM dilaksanakan.

Hj. Ivalaina Astarina, SE.MM selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, Kegiatan survey sosial ekonomi secara simbolis dimulai di Desa Sungai Akar Kecamatan Batang Gansal, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, Hj. Ivalaina Astarina, SE.mm dalam hal ini ikut serta mendampingi mahasiswa melakukan survey ke salah satu rumah warga yang ada di Desa Sungai Akar.

Pada kesempatan tersebut, Hj. Ivalaina mengucapkan terimakasih kepada aparatur desa serta warga yang telah bersedia untuk meluangkan waktunya dalam membantu terlaksananya kegiatan survey ini secara baik. Kegiatan ini juga diharapkan akan dapat membantu desa nantinya untuk dapat merencanakan pembangunan desanya agar pembangunan yang dilaksanakan tepat sasaran sehingga harapan menjadi desa yang maju, mandiri, dan lebih sejahtera dapat  diraih.

Adapun tanggapan yang diwawancarai dalam pelaksanaan survey ini, menyatakan merasa senang dan memberikan support kepada mahasiswa agar kegiatan ini dapat dilaksanakan di desanya. Mereka berharap bahwa kegiatan survey ini dapat membantu mereka khususnya dan desa umumnya untuk dapat lebih maju lagi.

Kegiatan survey sosial ekonomi ini diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan diselesaikan bertepatan dengan berakhirnya pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) pada bulan april nantinya. (Angga)

Ketua STIE Turut Hadiri Pencanangan Pembangunan Zona Integritas KPPN Rengat

Ketua STIE Turut Hadiri Pencanangan Pembangunan

Zona Integritas KPPN Rengat

 

G:\Komputer Kantor\Pembangunan ZI\Foto STIE\DSCN3781.JPG

 

Kepala KPPN Rengat Hermawan Sukoasih (enam kanan) foto bersama Ketua STIE Hj. Ivalaina Astarina(tiga kiri), Kepala Kejaksaan Negeri Inhu Supardi (empat kanan), Kapolres Inhu AKBP Arif Bastari (tiga kanan), Kepala Bidang SKKI Kanwil DJPb Propinsi Riau Tantowi Maskhur, Pimpinan BNI Cabang Rengat Indarto, dan sejumlah pejabat lain dari tiga kabupaten dan pegawai KPPN Rengat pada acara pencangan Pembangunan Zona Integritas KPPN Rengat.

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Rengat merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Propinsi Riau di bawah naungan Kementerian Keuangan RI. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor : 134/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, KPPN mempunyai tugas :

1.Melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan bendahara umum Negara.

2.Penyaluran pembiayaan atas beban anggaran Negara.

3.Serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan/dari kas Negara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jumlah KPPN di seluruh Indonesia mencapai 181 KPPN. Sejak tahun 2017 KPPN juga sebagai penyalur Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa di seluruh Indonesia. KPPN Rengat pun melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan sebagai penyalur DAK Fisik dan Dana Desa untuk 3 (tiga) Kabupaten, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kuantan Singingi.

Pada tahun 2018 ini, KPPN Rengat menyalurkan dana APBN ke 59 satuan kerja instansi pemerintah pusat dengan 77 Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dengan anggaran sebesar Rp 699.193.499.000,- dan menyalurkan DAK Fisik dan Dana Desa ke 3 (tiga) kabupaten tersebut sebesar Rp 646.870.333.000,-. Sehingga total anggaran negara yang dikelola oleh KPPN Rengat mencapai Rp 1.346.063.832.000,-. Tentu jumlah itu tidak sedikit dan akan sangat berpengaruh terhadap pembangunan ke 3 (tiga) kabupaten tersebut.

Mengingat besarnya alokasi APBN yang disalurkan oleh KPPN Rengat tersebut, tentu perlu dipantau dan diawasi oleh kita semua terutama para satuan kerja yang mendapatkan alokasi anggaran, pemerintah daerah yang juga mendapatkan hak anggaran tersebut, masyarakat luas yang seharusnya juga akan merasakan manfaat dari pembangunan yang menggunakan anggaran tersebut, dan tentunya tidak ketinggalan dunia pendidikan juga perlu ikut andil dalam proses pelaksanaan pencairan maupun pelaksanaan pembangunan yang menggunakan anggaran sebesar lebih dari 1,3 triliun tersebut.

Zona Integritas menuju WBK/WBBM adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani melalui Reformasi Birokrasi khusunya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM adalah sebuah deklarasi atau pernyataan dari pimpinan bahwa kantor tersebut siap siap membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi, dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Oleh karena itulah Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, Hj. Ivalaina Astarina, SE., MM menghadiri undangan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas yang dilaksanakan oleh KPPN Rengat.

G:\Komputer Kantor\Pembangunan ZI\Foto STIE\DSC_0140.JPG

Ketua STIE Hj. Ivalaina Astarina, SE., MM. saat menandatangani sebagai saksi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas KPPN Rengat.

 

“Ini adalah komitmen kami STIE Indragiri Rengat, dari dunia pendidikan untuk turut serta berpartisipasi dalam mengawal, turut melakukan pengawasan, memantau, & berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” Ujar Ketua STIE Hj. Ivalaina Astarina, SE.MM.

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) KPPN Rengat pada Rabu, 28 Pebruari 2018 dilaksanakan di Aula KPPN Rengat dengan dihadiri dan sekaligus disaksikan oleh Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Propinsi Riau yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang SKKI Kanwil Ditjen Perbendaharaan Propinsi Riau, Kepala Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu, Kepala Kepolisian Resort Indragiri Hulu, Pimpinan BNI Cabang Rengat, Perwakilan Pemerintah daerah dari ketiga kabupaten, yaitu Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kuantan Singingi.

Kepala Bidang SKKI Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Propinsi Riau Tantowi Maskhur mengatakan bahwa, “Pembangunan Zona Integritas ditetapkan oleh Ketua Jenderal Perbendaharaan ini akan diterapkan diseluruh KPPN di Indonesia. Pada tahun 2017 yang lalu telah ditunjuk 66 KPPN yang melaksanakan akselerasi pembangunan zona integritas. Adapun tahun 2018 ini telah ditunjuk 82 KPPN termasuk KPPN Rengat.”

“Sebagai instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Propinsi Riau, KPPN Rengat bersama 181 KPPN lainnya, 34 kantor wilayah dan Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan telah melaksanakan Reformasi Birokrasi sejak tahun 2007 melalui 3 pilar utama, yaitu Penataan Organisasi, Penyempurnaan Proses Bisnis dan Pengembangan SDM,” lanjut Kepala Bidang SKKI Kanwil DJPb Propinsi Riau yang baru tiba di Rengat sehari sebelumnya.

Sementara Kepala KPPN Rengat Hermawan Sukoasih dalam sambutannya menyampaikan bahwa Akselerasi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi ketentuan PerMenpan-RB Nomor 52 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM di lingkungan Instansi Pemerintah.

“Sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara yang mempunyai fungsi strategis berupa Penyaluran Dana APBN dan Penatausahaan Penerimaan Negara, KPPN Rengat telah menerapkan prinsip Sevice Excellence, penyelesaian pekerjaan berdasarkan SOP dan berbasis IT serta pelayanan tanpa biaya dengan prinsip Zero Tolerance terhadap pungutan liar, korupsi, kolusi, nepotisme, dan gratifikasi,” lanjut Hermawan dalam memberikan sambutan sebelum penandatangan piagam Zona Integritas.

Walaupun didukung oleh pegawai sebanyak 16 orang dengan tingkat pendidikan bervariasi mulai dari SLTA sampai dengan S2, namun KPPN Rengat tidak mungkin dapat  mewujudkan Zona Integritas menuju WBK/WBBM tanpa dukungan dari semua pihak, baik pemerintah daerah, Bank/Pos mitra kerja terlebih satuan kerja. Dukungan riil yang diperlukan adalah “Tidak memberikan imbalan berupa apapun atas pelayanan yang kami berikan,” kata Hermawan sebelum mengakhiri sambutannya.

Penandatanganan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas oleh Kepala KPPN Rengat dan disaksikan oleh seluruh undangan dan turut menandatangani sebagai saksi adalah Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat Hj. Ivalaina Astarina, SE., MM, Kepala Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu Supardi, SH, Kapolres Indragiri Hulu AKBP Arif Bastari, Pimpinan BNI Cabang Rengat Ir. Indarto, dan para perwakilan dari 3 (tiga) pemerintah daerah kabupaten Inhu, Inhil dan Kuansing. (HS)

You are here: Home News and Events