STIE Indragiri

STIE INDRAGIRI LAKSANAKAN UJIAN TENGAH SEMESTER

 

STIE Indragiri telah memulai pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) tahun akademik 2019/2020 untuk semester gajil. Kegiatan ujian ini dimulai pada hari senin (11/11) dan akan dilaksanakan hingga hari sabtu (16/11) di kampus STIE Indragiri.

Ujiana Tengah Semester dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi dan monitoring terhadap penguasaan materi oleh mahasiswa pada setiap mata kuliah yang diberikan dosen pengampu serta dapat dijadikan bahan serta masukan untuk dosen sejauh mana efektifitas proses perkuliahan yang telah dilaksanakan selama ini. Selama pelaksanaan ujian ini, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai yang berlaku di STIE Indragiri yaitu imtaq, visioner, integritas, disiplin, smile dan bertanggung jawab.

Hj. Ivalaina Astarina, SE. MM selaku Kertua STIE Indragiri, meminta kepada seluruh jajaran, baik dosen serta staf tata usaha untuk dapat mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan UTS ini dengan sebaik-baiknya sehingga pelaksanaan ujian dapat berjalan dengan lancar. Sementara itu kepada seluruh mahasiswa STIE Indragiri yang akan mengikuti UTS, Ketua STIE Indragiri meminta dan berpesan kepada mahasiswa untuk dapat menambah jam belajar serta menjaga kondisi kesehatannya dan mendoakan seluruh mahasiswa dapat mengikuti UTS secara baik, lancar dan memperoleh nilai yang maksimal (Agus & Angga).

 

DONOR DARAH DALAM RANGKA MENYAMBUT HARI PAHLAWAN

 

Dalam rangka menyambut hari pahlawan, Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela (UKM KSR) melaksanakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini dilaksanak pada hari Jumat (8/11) di lokal E dan F Kampus STIE Indragiri, kegiatan ini merupakan kerjasama yang senantiasa terjalin dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Indragiri Hulu.

Sosialisasi yang dilakukan oleh UKM KSR, jauh sebelum pelaksanaan kegiatan telah mampu menumbuhkan minat mahasiswa serta dosen untuk ikut serta kegiatan donor darah, bahkan Ketua Yayasan Pendidikan Indragiri juga turut serta menjadi pendonor pada kegiatan ini. Dengan begitu besarnya antusias yang diberikan oleh sivitas akademika STIE Indragiri dan terbatasnya kantong darah mengakibatkan tidak semua relawan dapat menjadi pendonor darah. Relawan yang tidak jadi melaksanakan kegiatan donor darah pada peringatan hari pahlawan ini, akan diikutsertakan pada kegiatan donor darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Indragiri Hulu yang akan dilaksanakan pada masa yang akan datang.

Ketua STIE Indragiri, Hj. Ivalaina Astarina, SE.MM, mengungkapkan bahwa melalui kegiatan bakti sosial donor darah yang ditaja oleh UKM KSR ini diharapkan semakin menumbuhkan rasa empati mahasiswa terhadap lingkungan di sekitarnya terutama dibidang kesehatan. Selain dapat membantu dan meringankan sesama, kegiatan donor darah juga memberikan manfaat kesehatan bagi mereka yang mendonorkan darahnya.

Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Indragiri Hulu, Mailiswin mengapresiasi kegiatan yang ditaja oleh mahasiswa dan berharap kegiatan donor darah di STIE Indragri dapat terlaksana secara rutin dan berkesinambungan. (Angga)  

 

MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1441 H


Unit Kegiatan Mahasiswa Ikatan Keluarga Mahasiswa Islam (UKM IKMI) STIE Indragiri menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1441H/ 2019 M dengan Tema “ Rasulullah SAW Suri Tauladan Dalam Menuntut Ilmu”. Kegiatan dilaksanakan pada hari jumat (8/9) di aula kampus STIE Indragiri. Selain mahasiswa perwakilan kelas, turut hadir perwakilan organisasi kemahasiswaan, Bapak Ibu Dosen, Staf Tata Usaha serta Ketua Yayasan Pendidikan Indragiri serta ceramah agama oleh Ustad Muhammad Nasiruddin.

Ketua STIE Indragiri Hj. Ivalaina Astarina, SE.MM dalam sambutannya menyatakan bahwa, melalui kegiatan ini, sivitas STIE Indragiri mampu meneladani Rasulullah SAW dalam semua sendi kehidupan terutama dalam kegiatan perkuliahaan, sementara Ketua Yayasan Pendidikan Indragiri Ir. Hendri A. Saleh, MA dalam arahannya menyatakan menyambut gembira terhadap aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa  STIE Indragiri dan ini merupakan harapan dari Yayasan Pendidikan Indragiri, yaitu tumbunya kreativitas-kreativitas karena dengan kreativitas akan dapat memajukan diri kita serta organisasi kita.

Pada acara yang sama, juga dilaksanakan penyerahan hadiah pelaksanaan lomba dies natalis STIE Indragiri ke XX dengan pemenang sebagai berikut; Lomba Ranking 1 kategori putra atas nama Ridwan dan kategori putri atas nama Cindy Astrid Ferare; Lomba Lintas Alam juara 1 diperoleh Semester V A, juara 2 semester VII Kewirausahaan dan juara 3 semester I EB; lomba paduan suara, juara 1 diperoleh semester VII Kewirausahaan, juara 2 diperoleh semester III C serta juara 3 diperoleh semester V Keuangan B. untuk turnamen futsal juara 1 diperoleh semester V SDM C, juara 2 diperoleh semester III EA serta juara diperoleh semester V SDM A.

Untuk lomba EA kategori bisnis berjalan, juara 1 dimenangkan oleh Andri Saputra, juara 2 diperoleh Regi Nalisa dan Juara 3 diperoleh Fahrid Muklis. Untuk kategori rencana bisnis, yang memperoleh harapan 2 dan harapan 1 dimenagkan oleh Sri Septi dan Cindy Andrianti, juara 3 dan juara 2 diperoleh oleh Desvi yanti dan Yunni Azzahroh serta juara 1 diperoleh oleh Neneng Tepi Tamala  (Angga).

WASDALBIN LLDIKTI X 2019

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X (LLDIKTI X) melaksanakan Pengawasan, Pengendalian dan Pembinaan (Wasdalbin) pada tahun 2019 di STIE Indragiri pada hari kamis (7/11) yang dipimpin oleh Ir. Yuniarti. Wasdalbin yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun adalah upaya yang dilaksanakan oleh LLDIKTI X agar seluruh perguruan tinggi swasta yang ada di Provinsi Sumatra Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau dapat melaksanakan penyelenggaraan pendidikan tinggi sesuai dengan tata aturan yang berlaku.

Dalam sambutannya, Hj. Ivalaina Astarina, SE.MM mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim di STIE Indragiri dan terimakasih kepada LLDIKTI X yang senantiasa memberikan masukan atau saran-saran kepda STIE Indragiri. Hasil Wasdalbin yang dilakukan merupakan rujukan bagi STIE Indragiri untuk berbenah dan STIE Indragiri terus meningkatkan sarana prasarana terkhusus dibidang teknologi informasi. Sementara Ir. Yuniarti selaku ketua tim mengucapkan terimakasih kepada seluruh sivitas akademika STIE Indragiri, yang telah menyambut dan mempersiapkan pelaksanaan wasdalbin ini dengan baik dan berharap STIE Indragiri terus mampu mengikuti perkembangan yang ada. 

Pada kesempatan ini, Hj. Ivalaina juga mengajak seluruh tim untuk dapat melihat dan merasakan secara langsung usaha pisang king yang dimiliki oleh mahasiswa dan merupakan binaan STIE Indragiri serta baru saja memenangkan EA III di Batam. (Angga)   

 

Mahasiswa STIE Indragiri Rengat menangkan Entrepreneurship Award III

 
Mahasiswa STIE Indragiri Rengat menangkan Entrepreneurship Award III

Padang (ANTARA) - Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau memenangkan Entrepreneurship Award (EA) III kategori usaha berjalan yang diadakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) wilayah X.

Ketua Pelaksana EA III LL Dikti wilayah X Ir Larisang saat dihubungi dari Padang, Minggu mengapresiasi semangat mahasiswa yang mengikuti EA yang ke III 2019.

"Mahasiswa tersebut bernama Ardiansyah dengan jenis usaha Pisang King kategori usaha berjalan dari STIE-I Rengat, Riau dan mendapatkan modal usaha Rp25 juta," kata dia.

Selain itu, kategori rencana bisnis juga diraih oleh mahasiswa dari Perguruan Tinggi Politeknik Caltex Riau Fajri Muttaqien dengan jenis usaha yang diajukan Get Sponsor dan mendapatkan modal usaha Rp25 juta.

Dua pemenang tersebut merupakan juara pertama dari 25 finalis terpilih di masing-masing kategori yakni 10 orang finalis dari kategori usaha berjalan atau inovasi bisnis dan 15 orang dari kategori rencana bisnis atau business plan.

Berikut merupakan sembilan orang finalis dari kategori usaha berjalan yakni Samsu Rizal Putratama dari Universitas Islam Riau mendapatkan dana usaha Rp12 juta, Malik Diar Alpho dari Universitas Ibnu Sina Rp6,5 juta, Yulia Dwi Abdrillah dari Universitas Batangari Jambi Rp1,6 juta.

Selanjutnya, Roro Mega Cahyaning dari Universitas Internasional Batam Rp1,5 juta, Zahrotun Nissa dari STISIP Persada Bunda Rp1,4 juta, Nandang Lesmana dari Universitas Ibnu Sina Rp1,3 juta, Saskia Dilla Annisa dari Universitas Islam Riau Rp1,2 juta, Ahlul Khibrah Almadaniy dari STIE KBP Rp 1 juta, dan Yohana Anjelina Claudia dari Universitas Adiwangsa Jambi Rp1 juta.

Selain itu, dari kategori rencana bisnis yakni Nika Saputra dari Universitas Ekasakti Rp 12 juta, Rinda Dwi Utari dari Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang Rp 6,5 juta, Risha Fadhilla Azzah dari Universitas Islam Riau Rp1,6 juta, Fajar Faiz Akbar dari Universitas Lancang Kuning Rp1,5 juta, dan Salsa Afni Yudha dari Universitas Islam Riau Rp1,4 juta.

Selanjutnya, Arif Rahman dari Universitas Islam Riau dengan modal usaha yang didapatkan Rp1,3 juta, Arey Oktaviana dari STIE Muhammadiyah Jambi Rp1,2 juta, Ulni Ulratmawati dari Universitas Baiturrahmah Rp1 juta, dan Andre Wijaya dari Universitas Batanghari Jambi Rp1 juta.

"Salsabila Haifa dari STIKes Mercubaktijaya Padang Rp 1 juta, Lisa Nila Sari dari Universitas Baiturrahmah Rp1 juta, Rosy Hamida dari Universitas Muhammadiyah Sumbar Rp1 juta, Rika Putri Andri dari Universitas Muhammadiyah Riau Rp1 juta, dan Rismauli dari Universitas Islam Riau Rp1 juta," sambung dia.

Kepala LL Dikti wilayah X Prof Herri mengatakan 25 finalis tersebut merupakan hasil penilaian dari 623 proposal yang diajukan para mahasiswa.

Para finalis tersebut berasal dari beragam Perguruan Tinggi Swasta (PTS) merupakan hasil seleksi dari 68 PTS yang mengikuti EA di wilayah itu.

Ia berharap dengan adanya kegiatan EA tersebut dapat melahirkan para entrepreneur yang kreatif dan inovatif.

"Saya berharap jumlah peserta EA ke depannya semakin meningkat lagi dan terus bermunculan mahasiswa dengan ide-ide bisnis serta usaha yang kreatif dan inovatif," sambung dia.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya mengubah nasib mahasiswa untuk menghadapi masa depan, yakni memberikan peluang kepada mahasiswa membuka usaha agar tidak menjadi pengangguran.

"Selain itu, juga bertujuan untuk memotivasi dan mendorong kreativitas mahasiswa khususnya di kampus swasta dalam memunculkan usaha dan juga bisa membuka lapangan kerja," katanya.

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019
 
sumber : https://sumbar.antaranews.com/berita/302224/mahasiswa-stie-indragiri-rengat-menangkan-entrepreneurship-award-iii

DIES NATALIS STIE INDRAGIRI XX


Pelaksanaan dies natalis STIE Indragiri XX tahun 2019 yang dilaksanakan oleh 13 organsasi mahasiswa, dimulai dari tanggal 23 Oktober sampai dengan 27 Oktober 2019 telah berjalan dengan baik dan lancar. Ada berbagai kegiatan yang ditaja pada pelaksanaan dies natalis pada tahun ini, diantaranya adalah : lomba ranking 1, Entrepreneurship Award, Turnamen Futsal, Bhakti Sosial di Panti Asuhan dan Pondok Pesantren, Lomba Paduan Suara serta penampilan tari kreasi dari unit kegiatan mahasiswa seni budaya.

Acara puncak dies natalis dilaksanakan pada tanggal 26 oktober 2019 di lapangan kampus STIE Indragiri. Turut hadir pada acara tersebut Bupati Indragiri Hulu yang diwakili oleh Kepala Bappeda, Kepala perpustakaan, Dandim 0302, Kapolres, Pimpinan Bank Riau Kepri serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, ketua STIE Indragiri mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu yang telah begitu besar memberikan perhatian kepada dunia pendidikan terkhusus pada STIE Indragiri. Terimakasih juga disampaikan kepada Yayasan Pendidikan Indragiri yang senantiasa memberikan arahan, bimbingan dan senantiasa memberikan saran-saran terbaik untuk kemajuan STIE Indragiri kedepannya. Ucapan terimakasih juga kepada semua pihak yang telah turut serta memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan STIE Indragiri dari awal lahir hingga berusia ke 20 ini. 

Selain itu, Hj. Ivalaina Astarina juga mengungkapkan berbagai perkembangan yang telah diraih dan akan terus ditingkatkan diantaranya, sistem informasi, penelitian, pengabdian dan pencapaian prestasi mahasiswa, dan melalui berbagai lomba yang dilaksanakan pada peringatan dies natalis tahun ini merupakan ajang pencarian dan pengembangan bakat mahasiswa STIE Indragiri.

Bupati Indragiri Hulu, melalui Kepala Bappeda mengucapkan selamat, kepada seluruh sivitas akademika STIE Indragiri yang telah menginjak usia ke 20, dengan usia yang sudah menginjak ke 20, harus dijadikan momentum untuk seluruh sivitas akademika STIE Indragiri untuk terus memajukan institusinya. Bupati juga berpesan kepada seluruh sivitas akademika STIE Indragiri untuk terus jaga komitmen, tetap berinovasi, jaga kebersamaannya dan memperbanyak dan merealisasikan kerjasama baik dengan institusi pemerintah maupun swasta. (Agus & Angga)

You are here: Home News and Events